1. Dengan disusun dan diterbitkannya Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran PAUDDIKDASMEN di Masa Pandemi COVID-19 ini untuk membantu guru dan satuan pendidikan dalam menyelenggarakan pembelajaran di masa pandemi COVID-19. Diharapkan…
Jawaban : Guru dan tenaga kependidikan mempunyai acuan dalam merancang, melaksanakan, memandu dan mengembangkan pembelajaran yang efektif
2. Dalam Panduan penyelenggaraan Pembelajaran Di Masa Pandemi terdapat Dasar Hukum tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar Dalam rangka Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) yang tertuang dalam ..
Jawaban: Peraturan Pemerintah Nomor 21 Tahun 2020
3. Berikut adalah tujuan
penyusunan Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran PAUDDIKDASMEN di Masa Pandemi
COVID-19, kecuali ..
Jawaban : Memandu satuan pendidikan untuk mempersiapkan pembelajaran jarak
jauh (PJJ).
4. Dalam manfaat Panduan
Penyelenggaraan Pembelajaran PAUDDIKDASMEN di Masa Pandemi COVID-19 terdapat
arahan untuk penyesuaian konsep dan rencana pembelajaran di masa pandemi
COVID-19 bagi ..
Jawaban : Guru dan tenaga pendidikan
5. Dalam Panduan Penyelenggaraan
Pembelajaran PAUDDIKDASMEN di Masa Pandemi COVID-19 terdapat panduan yang
dibuat sebagai acuan bagi guru yaitu ..
Jawaban : Panduan penyusunan RPP
kelas atau mata pelajaran di masa pandemi COVID-19
6. Tingkat pelibatan guru dalam
merencanakan, melaksanakan, memberi umpan balik dan mengembangkan rencana
tindak lanjut pengembangan pembelajaran di masa pandemi COVID-19 adalah salah
satu ukuran keberhasilan bagi ..
Jawaban : Kepala satuan pendidikan
7. Berdasarkan SKB 4 Menteri yang
ditetapkan pada 30 Maret 2021, terdapat ketentuan pokok yang harus diketahui
dan dipatuhi oleh satuan pendidikan, yang berjumlah…
Jawaban : 9
8. Sebuah sekolah dasar di
daerah Gowa telah melakukan PTM terbatas. Guru Rama mengajar mata pelajaran
kesenian. Selain mengajar Guru Rama juga bertugas untuk memantau kesehatan
setiap warga sekolah dengan berfokus kepada gejala umum seperti demam, batuk,
pilek, nyeri tenggorokan, sesak nafas, sakit kepala, mual/muntah, diare,
anosmia (hilangnya kemampuan indra penciuman), atau ageusia (hilangnya
kemampuan indra perasa). Berdasarkan pernyataan tersebut Guru Rama juga
merupakan bagian dari . . .
Jawaban : Tim Kesehatan, Kebersihan,
dan Keamanan
9. Pada sekolah tempat Guru Sinta
mengajar akan melakukan PTM terbatas. Sebelumnya Guru Sinta telah membagi
rombongan belajar kelasnya yang terdiri dari 30 siswa menjadi 2 kelompok. Guru
Sinta juga telah mengatur posisi duduk siswa agar tetap berjarak 1.5m. Saat
pelaksanaan PTM Terbatas untuk kelompok pertama, Guru Sinta selalu mengingatkan
siswanya untuk selalu menggunakan masker, mencuci tangan, dan tidak saling
meminjam peralatan tulis. Selama pembelajaran berlangsung Guru Sinta juga
selalu mengawasi siswa yang terlihat kurang sehat untuk segera mendapat
tindakan kesehatan. Hal yang dilakukan oleh Guru Sinta merupakan . .
Jawaban : Protokol kesehatan di ruang
kelas
10. Dengan adanya risiko penularan
maka praktik penyelenggaraan pembelajaran membutuhkan penyesuaian untuk
memastikan keselamatan warga sekolah. Pada penyelenggaraannya sekolah dapat
memilih satu dari tiga pilihan kurikulum yaitu: Kurikulum 2013, Kurikulum
Kondisi Khusus dan Kurikulum Mandiri, sesuai kondisi dan kemampuan sekolah.
Dengan memprioritaskan seluruh satuan pendidikan bukan untuk menuntaskan
kurikulum tapi memastikan setiap siswa mengalami pembelajaran. Penjelasan
tersebut menjelaskan konsep pembelajaran di masa pandemi COVID-19 terkait . . .
Jawaban : Kurikulum kondisi khusus
11. Siklus Pembelajaran
menggambarkan hubungan tiga komponen penting yaitu . . .
Jawaban : Kurikulum, asesmen, dan pembelajaran
12. Guru Nanda akan melakukan PTM
Terbatas, Guru Nanda merasa kebingungan untuk memberikan metode pembelajaran
selama PTM Terbatas. Jika Anda adalah Guru Nanda, metode pembelajaran PTM
Terbatas yang akan Anda berikan pada murid . . .
Jawaban : Praktik, diskusi, refleksi,
dan umpan balik
13. Pada sekolah dasar tempat Guru
Meta mengajar mulai melakukan PTM Terbatas. Pada praktiknya Guru Meta
menggunakan strategi pembelajaran campuran, serta menggunakan pola sinkron dan
asinkron. Pada hari Rabu terdapat jadwal PTM di kelas Guru Meta mengajar
dan Guru Meta akan melakukan sesi sinkron. Aktivitas apa yang dapat Guru Meta
lakukan . . .
Jawaban : Melakukan sesi refleksi
melalui konferensi video bersama murid
14. Guru Karen akan melaksanakan
PTM Terbatas pada kelasnya. Sebelumnya Guru Karen melakukan beberapa aktivitas
untuk mengetahui kesiapan psikososial murid, menumbuhkan minat belajar murid,
dan berdiskusi terkait tujuan pembelajaran yang akan dicapai. Berdasarkan
aktivitas yang dilakukan oleh Guru Karen sesuai alur pembelajaran kenormalan
baru, yaitu . .
Jawaban : Orientasi Kesiapan Belajar
& Psikososial
15. Guru Fandy adalah guru mata
pelajaran fisika di sekolah menengah pertama swasta. Pada tahun ajaran ini
sekolah tempat Guru Fandy mengajar akan melaksanakan Pertemuan Tatap Muka
Terbatas, dan Guru Fandy sedang kesulitan untuk menyusun RPP. Langkah-langkah
yang dapat dilakukan oleh Guru Fandy untuk menyusun RPP adalah . . .
Jawaban : Menganalisis rencana dan
jadwal pembelajaran yang ditetapkan – Melakukan asesmen diagnosis terhadap
kondisi peserta didik dan orang tua untuk memulai pembelajaran – Menyusun
jadwal pembelajaran kelas atau mata pelajaran – Menyusun rencana pelaksanaan
pembelajaran PAUDDIKDASMEN di masa pandemi COVID-19 – Melakukan pembelajaran
berdasarkan RPP dan jadwal pembelajaran – Memastikan proses pemberian umpan
balik – Melakukan refleksi dan perbaikan strategi pembelajaran berdasarkan
hasil asesmen formatif.
16. Dalam pelaksanaan PTM Terbatas
guru diharapkan mampu menyusun jadwal pembelajaran kelas atau mata pelajaran
yang diampunya dengan melalui tahapan-tahapan berikut ini, kecuali . .
.
Jawaban : Menyusun asesmen diagnosis
kognitif dan non kognitif sebelum pembelajaran
17. Guru Fajar sedang mempersiapkan
tahun ajaran baru dengan dilaksanakan PTM Terbatas dan sedang menyusun jadwal
pembelajaran kelas. Setelah memetakan mata pelajaran pada sesi PTM Terbatas dan
PJJ, maka langkah selanjutnya yang harus dilakukan oleh Guru Fajar adalah . . .
Jawaban : Menuliskan daftar nama
peserta didik per kelompok belajar yang sudah ditentukan di setiap kelas
18. Tujuan dari pemantauan kecuali adalah . . .
Jawaban : Menilai kepatuhan protokol
dan pengelolaan pembelajaran pada satuan pendidikan
19. Sebagaimana dijelaskan sebelumnya,
penjaminan mutu diperlukan guru sebagai refleksi dalam menentukan perbaikan
pelaksanaan pembelajaran di kelas atau pada mata pelajaran. Adapun kriteria
keberhasilan pembelajaran di masa pandemi COVID-19 bagi guru, diantaranya, kecuali . .
Jawaban : Tingkat upaya refleksi dan
perbaikan proses pembelajaran di masa pandemi COVID-19 kelas/mata pelajaran
20. Setelah melakukan pemantauan
pembelajaran, Anda akan mendapatkan hasil berupa tingkat efektivitas
pembelajaran di masa pandemi. Hasil tersebut dapat Anda kategorikan untuk
mengetahui seberapa efektif Bapak Ibu Guru melaksanakan pembelajaran di masa
pandemi COVID-19. Apa tindak lanjut pengembangan pembelajaran yang dapat
dilakukan guru, kecuali .
. .
Jawaban : Menguatkan Praktik
Pembelajaran
Tidak ada komentar:
Posting Komentar